Jumat, 15 Februari 2013

Gyeoul See You part 1


GYEOUL SEE YOU
Jalan-jalan adalah hobiku apa lagi kalau pergi ketempat yang belum pernah aku kunjungi. Aku sangat senang dengan hal baru, apalagi mengabadikannya dengan camera kesayanganku. Itu lah aku, nama ku Clara Prawardhani biasa dipanggil Clara. Aku ingin sekali bercerita tentang pengalamanku di negri gingseng (Korea Selatan). Pengalaman yang tak akan pernah aku lupakan seumur hidupku.
Cerita ini dimulai dari perjalanan ku ke korea, tapi sebenarnya bukan ke korea tapi ke Batam. Batam adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia. Berada disekitar kepulau riau, jelasnya secara geografis yaitu 0°.25'29'' - 1°.15'00'' Lintang Utara dan 103°.34'35'' - 104°.26'04'' Bujur Timur. Itu berarti dekat sekali dengan Negara berkepala singa tuh. Tau gak apa? Yup benar Singapura.
Aku mempunyai orang tua angkat disana. Beliau sudah hampir 15 tahun bekerja disana sebagai wirausaha. Usahanya sudah berada dimana-mana. Ada di Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang, dan baru dibuka Di korea. Waaahh kebetulan banget mama ku mau pergi untuk acara pembukaan disana. Mumpung aku lagi libur kuliah juga, aku putuskan untuk ikut mama.
“ma. . ke korea kapan berangkat?’’ Tanya ku
“lusa sayang’’. Jawab mama dengan nada sedikit keras
“terus mau berapa hari disana?’’ Tanya ku lagi
“mungkin ada 3 hari kalau gak yach lebih sayang’’, jawab mama sambil berjalan ke arah ku
“aku boleh ikut yach ma, dari pada aku liburannya ke Singapura lagi, bonsen ma, yach ma. . . .’’ kataku sambil memeluk mama
“iya sayang tapi mama gak janji bisa nemenin kamu kalau kamu mau jalan-jalan disana’’
“gak apa-apa kok ma, yang penting aku bisa jalan-jalan disana’’
“emang kamu bisa bahasa korea?’’
“yach bisa dikit-dikit ma, tapi tenang aja ma aku nanti cari info tentang korea sama beli buku bahasa korea juga, jadi mama tenang aja yach?’’
“ya sudahlah kalau begitu, udah malam saatnya kamu tidur, jangan lupa sholat dulu ya sayang?’’
“oke mom, aku ke kamar dulu ya?’’
O0O
Matahari akhirnya terbit, besok pagi aku dan mama akan pergi ke korea. Tapi hari ini aku mau beli buku dulu. Itung-itung sebagai bekal untuk ke korea, kalau gak tau tentang negri gingseng bisa dikatain katrok nanti aku, hahahah. . .
Saatnya pergi ke toko buku. Di Batam kalau mau kemana-mana tinggal jalan kaki aja. Kebandara aja 15 menit nyampek hanya dengan jalan kaki aja. Mau ke Mall juga tinggal jalan kaki 20 menit juga udah nyampek. Soalnya tempat tinggal mama strategis banget. Gak perlu waktu lama buat nyampek ketempat tujuan. Semuanya serba dekat dari tempat tinggal mama ku.
Sampai juga aku di toko buku ini. Toko buku yang satu ini tuh lebih lengkap soalnya bukan hanya menjual buku aja, tapi juga ada cafenya. Apa lagi ditambah dengan fasilitas free WIFI dan perpustakaan, pokonya siiip banget lah. Andaikan toko buku kayak gini ada di kota ku, tiap hari aku sempatin kesana. Pasti suasananya tenang banget, dengan secangkir kopi susu hangat menemaniku baca buku. Siipp banget dah kalau udah gitu.
Setelah keliling semua rak buku akhirnya ketemu juga buku yang aku cari. Judulnya “Panduan Dasar Bahasa Koresa’’, cukuplah buat bekal lagian ini cukup lengkap. Saatnya kekasir untuk bayar, ya masak mau langsung dibawa pulang nanti dikirain maling buku hahahaha. . . .
Setelah membeli buku aku putuskan untuk berkeliling untuk beli baju hangat, karena mulai bulan Desember sampai bulan Maret di Korea terjadi ‘’gyeoul’’ kalau dalam bahasa Indonesia musim dingin. Musim dingin disana suhunya bisa mencapai -8di daerah utara dan  0 di daerah laut selatan. Tapi secara logika korea pasti udah duiingin banget, tuh menurutku sechh. Dan aku adalah orang tropis kalau gak memakai jaket yang tebel bisa mati kedinginan aku disana.
Kata mama jaket yang paling bagus ada ditoko “ting tong’’. Soalnya mama udah langganan ditoko itu. Jadi aku putuskan untuk membeli jaket ditoko ini saja.
Lagi asyik nyari jaket yang bagus malah ada yang datang.
“permisi mbak. . .’’
“iya’’
“kalau gak salah kamu anaknya ibu Ida yang punya restoran makan khas Indonesia yach?’’
(waahh ini ibu lengkap banget kalau ngomong tentang mama ku)
“iya bu benar sekali’’
“mau cari apa non kok mulai tadi kayak bingung gitu?’’
(yak ampun ibu ini yach tadi panggil mbak sekarang non, haduchhh)
“cari jaket bu, buat ke korea. Soalnya disana lagi musim dingin,jadi cari jaket yang tebel biar hangat, tapi sulit cari model yang pas buat tubuh saya’’
“biar saya yang carikan non,, pasti non suka’’
(mulai tadi kenapa sich bu?? kan aku jadi gak capek-capek cari sendiri sampek bingung)
“oke bu saya tunggu disini saja’’
Tak lama aku menunggu akhirnya ibu yang punya toko datang sambil membawa keranjang dorong yang disitu isinya jaket semua. Dan setelah aku lihat ternyata semuanya lucu-lucu banget.
“bu aku beli 3 yach yang marna coklat, cream, ma silver. Soalnya lucu banget’’
“oke non tunggu dikasir yach, tak kasih potongan 25% buat non’’
“makasih bu’’
Tuh kan murah, gara-gara dipotong diskon sebenarnya. Beruntung punya mama yang hobinya suka belanja ditempat yang sama. Jadi kecipratan juga kalau gini.
Beli jaket sudah, terus tinggal beli apa lagi ya? “erggrreeeeggghh’’ haduch perutku lagi konser. Waktunya makan siang ini tapi ini kan udah jam 4 sore bukan makan siang lagi tapi makan sore kalau gini. Saatnya makan kalau gitu takut perutku nanti tambah konser perdana hihihii. Oh ya... dideket kompleks kan ada rumah makan mie ayam jamur, makan disana aja lah.
O0O
Akhirnya selesai juga makan sore ku ini. Saatnya pulang dan mulai cek in barang-barang buat persiapan besok.
Sesampainya dirumah aku langsung menuju kamarku dan mengambil koper besarku untuk memasukan semua barang-barang yang akan dibawa besok. Mulai dari pakaian ganti, jaket, make up sampai alat-alat mandi harus masuk semua. Tak lupa tas punggung kecil kesayangan ku harus ikut juga menemaniku. Tapi kayaknya ada yang lupa nich apa yach? Wahh camera, haduch untung aja ingetnya sekarang coba ingetnya pas sudah nyampek dikorea. Jadi ngandelin camera hp aja, kan gak asyik kalau kamera hp.
“sayang sudah cek in barang apa belum?’’
“udah ma tinggal berangkat aja kok’’
“ini tiket pesawat kamu juga paspornya, inget jangan dihilangin lagi paspornya, mama gak mau ngurusin lagi kayak pas di Singapura’’
“oke mama, kali ini clara pasti lebih hati-hati’’
“yach sudah saatnya kamu tidur, besok kamu harus bangun pagi’’
“siipp mama ku sayang’’
O0O
Tidakkk aku bangunnya telat, waduch bisa gak sempet sarapan ini. Haduh sudah jam 6 pagi. Aku pun langsung membawa koper dan tas ransel kesayanganku dengan segera menuju lantai 1. Disana aku sudah melihat papa yang mulai mempersiapkan koper mama untuk dibawa ke mobil.
“papa. . mama mana?’’
“haduh sayang kok baru bangun sih, mama udah tunggu kamu dimobil tuh.’’
“maaf pa gara-gara kemaren jalan-jalan sampek sore jadi kecapek’an.’’
“yah sudah bawa kopermu ke mobil bentar lagi papa nyusul oke, tapi kamu gak mandi yah?’’
“takut telat pa jadi Cuma gosok gigi ma cuci muka aja.’’
“haduh sayang yach sudah cepat sana, sarapannya udah ada di mama, jadi kamu sarapan dimobil aja.’’
“oke pa.’’
Aku langsung lari menuju mobil. Sesampainya di mobil aku langsung menaruh koperku di bagasi, dan tinggal tas ransel kecilku yang harus selalu ada disampingku. Masuk lah aku ke dalam mobil dan langsung duduk dikursi belakang.
“hai ma. . .’’
“telat bangun lagi yah? Ini sarapannya tadi ayah udah capek-capek buat untuk kamu.’’
“makasih ma, iya ma lupa gak nyalahin alarm tadi malam.’’
“kebiasaan banget kamu yah, yah sudah habisin sarapannya biar nanti pas naek pesawat kamu gak mual lagi. Mama gak mau susah ngerawat bayi tua.’’
“weehh mama sadis banget sih, kan itu pas aku masih SD sekarang kan udah kuliah jadi gak mungkin terjadi. Mama tenang aja ndah.’’
Papa pun datang sambil membawa minuman dan memotong obrolanku dengan mama.
“ada apa sih kok rebut-ribut terus?’’
“ini pa. . masak aku dibilang bayi tua sama mama, padahal kan aku udah dewasa.’’
“yah sudah lah mama mu kan Cuma becanda aja, jangan dimasukan kehati gitu dong sayang.’’
“iya mama kan Cuma becanda sayang.’’
“iya Clara tau kok, ayo pa jalanin mobilnya udah telat nih.’’

“oke tuan putri Clara.’’
Mobil pun beranjak meninggalkan rumah tercinta. Belum sempat rasanya tempat aku lama duduk sudah sampai di bandara. Itu karena jarak bandara sama rumah mama dekat banget. Tinggal menggok kanan lurus terus udah ada tulisannya “Hang Nadim Air Port’’ sampai dah. Cepet banget kan perjalanannya. Gak perlu macet-macet masuk tol juga.pokonya serba instan deh.
Sampailah aku dibandara, aku langsung berpamitan kepada papa. Dan segera melakukan cek in barang dan tak lupa tiket juga hohoho. Semua selesai aku dan mama menunggu diruang tunggu. Eh ternyata ada temen kerja mama yang berangkatnya sama dengan mama. Ku kira mama Cuma sendirian padahal karyawan mama cukup banyak. Ini malah ketemu ma om Adam, jangan bilang dia bawa si cowok megeli. Dan tenyata dia muncul, Oh my god kenapa harus dia lagi sih? Kenapa gak yang lain aja.
“ohh Sam juga ikut, kebetulan nih si Clara ikut juga.’’
“hay sayang, udah besar yah kamu,, gak kerasa ternyata sudah dewasa kamu.’’
“iya dung Dam masak anak ku mau tetep kecil pasti kan dia tumbuh.’’
“hahahah iya juga yah.’’
“sapa dung Clara tuh sih Sam, bukannya kalian dulu akrab banget yah?’’
(akrab sih akrab ma, tapi akrabnya kan bukan gara-gara kayak sahabat tapi kayak anjing ma kucing)
“hai Clara tambah kurus aja yah kamu.’’
“Sam, jangan bilang gitu dong sama Clara.’’
“yah maaf aku Cuma becanda.’’
(dasar cowok megeli, sekali megelin tetep aja megelin gak akan pernah berubah)
Waah tanda keberangkatan pesawat sudah berbunyi. Akhirnya aku dan mama bergegas untuk beranjak dari tempat duduk.
Sesampainya aku didalam pesawat, langsung aku mencari tempat duduk ku. Dan ternyata aku duduk bersama orang yang paling nyebelin banget. Kenapa aku harus duduk sama dia? Bukannya aku harusnya duduk bersama mama.
“mama bukannya mama duduk disebelahku?’’
“mama tukeran tiket tadi ma Sam, lagian mama ada urusan yang harus di omongin ma om Adam. Jadi kamu gak papa kan duduk sama Sam?’’
“iya ma gak papa kok.’’
Tau gitu gak jadi ikut aku, mendingan aku jalan-jalan sendiri di Singapura. Dari pada harus liburan bareng sama anak nyebelin sedunia nih.
“udah gak usah langsung bad mud gitu mukanya, biasa aja lagi.’’
“udah deh kamu diem aja, gak usah komentar!’’
“oke tuan putri Clara.’’
Aku memutuskan untuk segera memasang headset dan mendengarkan music. Dari pada harus ngobrol ma anak nyebelin selama 5jam perjalanan mendingan dengerin music. Tapi kebiasaan dengerin musik mataku jadi ngantuk nih. Tidur aja dah daripada nyampek sana tidur, nanti gak bisa puas-puasin jalan-jalan. Saatnya untuk tidur Zzzzzzttttt.
(^-^)
Tiba-tiba aku merasa seperti ada yang sedang menyentuhku. Aku pun terbangun dari tidur lelap ku. Ternyata itu mama yang tak ku sangka sudah berada disampingku.
“sayang ayo bangun, kita sudah sampai tidur melulu.’’
“sudah sampai yah ma?’’
“iya lah, ini jaketnya segera dipakai.’’
“iya mama ku sayang.’’
(kok bisa mama yang ada disampingku yah? Terus dimana tuh mahkluk nyebeli tingkat dewa. Sudah lenyap aja dari sampingku, tapi ngapain juga aku cari-cari dia gak penting banget.)
Waaahhhh akhirnya aku sampai juga kekorea tapi kok dingin banget yah? Oh yah lupa disinikan lagi musim dingin ya jelas dingin. Kalau panas ya musim panas berarti hoohhoohoh.
Keluar dari bandara aku dan mama menyewa sebuah mobil untuk membawa kita kehotel. Aku berpisah dengan om Adam dan anaknya yang nyebelin itu. Untung aja gak satu mobil, jadi aku bisa leluasa pakai ini mobil tanpa di gangguan si nyebelin tuh. Mudah-mudahan aja aku gak satu hotel sama dia kalau sampai satu hotel bisa bad mud lagi aku.
Kota Seoul mang indah banget yah, semuanya tertata rapi banget. Dan aku senang sama tata cara jalan rayanya lebih terartur dari pada Indonesia. Apa lagi untuk pejalan kaki lebih lebar trotoarnya. Andaikan dikota ku kayak gini tiap hari disuruh jalan kaki menuju kampus pun aku siap.
Sampai juga aku di Hotel, lumayan bagus juga ini hotel beda aja sama hotel yang pernah aku kunjungi. Yah jelas beda ini hotel bintang 5 terkenal juga di Seoul.
Kamar mana kamar, aku sudah tak sabar untuk segera tidur di atas kasur yang sangat empuk. Karena tidur dengan posisi duduk tuh bikin punggung ku makin terasa sakit dan tak nyaman.
“mama aku tidur bentar yah?’’
“iya sayang mama 1jam lagi juga mau pergi ke tempay kerja temen mama yang ada di Seoul.’’
“ma aku ikut yah sekalian mau jalan-jalan dari pada hanya dikamar aja bosen.’’
“iya tapi kamu mandi dulu yah?’’
“beres kalau yang itu.’’
Yah gara-gara berangkat gak sempet mandi jadi harus mandi dulu sebelum jalan-jalan. Mandi aja dulu kalau gitu ahh.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar