Minggu, 07 September 2014

GAMPANG-AN

Memahami kata gampangan itu seperti kita membedah suatu permasalahan yang timbul karena adanya suatu sebab dan akibat. Kata gampangan itu bermula, bisa dari ucapan seseorang atau bisa saja itu menjadi suatu pendapat seseorang atas sikap orang lain. Hari ini aku memulai diskusi dengan otakku dengan kata gampangan. Banyak kata yang akan terucap jika kita menambahkan kata gampangan didepan kalimat yang ingin kita ucapkan. Contohnya saja seperti "gampang banget sih lu kalau lagi komen sikapnya orang". hummm dari situ kata gampang mempunyai arti bahwa seseorang tersebut mudah untuk berkomentar negatif kepada orang. 
Dilihat dari kalimat diatas kalau kata gampangan itu sendiri juga bisa mencerminkan sikap dan bagaimana dia berfikir. hummmm itu hanya sekilas menurutku. Padahal menurut KBBI kata gampangan itu berasal dari bahasa jawa yaitu gampang yang diartikan mudah dan mendapatakan imbuhan an. So kalau sudah tau artinya dan bagaimana penggunaannya, kita coba untuk menulis sebuah cerita pendek dengan beberapa paragraf saja. Namun dalam cerita tersebut terdapat kata gampangan. Ini hanya sebuah cerita biasa yang niatnya untuk mempraktekkan pemahaman tentang kata gampangan.

"Aku sudah mulai muak dengan kalimat-kalimat yang muncul tanpa ada bobot dan pemikiran yang matang. Lihat umur sudah bukan ABG lagi, sudah termasuk orang yang dewasa dan matang dalam berfikir. Tapi pemikiran dangkal yang membuat semua kata-kata itu muncul dipermukaan. Tak sadarkah dengan apa yang kalian ungkapkan dipermukaan disetiap waktu. Gampang sekali kalian membuat itu semua dengan tangan kalian.
Dimana pemikiran kalian yang cerdas sebagai orang yang pernah mengenyam pendidikan? Sudah lunturkah karena keegoisan semata, sudah hilangkah karena di telan oleh peradaban zaman? Orang yang kalian tunjuk bukan orang yang selalu bisa tegar menerima hujatan aneh dari tangan kalian. Orang itu mau bersabar karena ada tujuan yang sangat jelas untuk sebuah hidup antar manusia. Bagaimana kalian hanya mementingkan ego kalian sendiri tanpa melihat bagaimana hidup seseorang yang kalian rusak. Bukan kah manusia kodratnya mempunyai kehidupan sendiri-sendiri sebelum dia bertemu dengan jodohnya. Kenapa kalian mengusik dia, kenapa kalian tidak mencoba untuk bercermin kepada diri kalian sendiri.
Sudah pantas kah kalian menyebut diri kalian manusia dewasa. Kalau kalian sendiri tak paham dengan apa yang kalian lakukan dan itu alasannya hanya demi kepuasan batin semata. Jangan salahkan dia berfikir dengan gampangnya kalau kalian tidak jauh beda dengan anak usia remaja yang masih labil. Dia akan selalu diam tanpa berbuat apa-apa tapi sebenarnya dia bersabar dengan apa yang kalian lakukan. Karena dia bisa berfikir untuk masa depan bukan untuk mengenang pengalaman berharga masa lampau. Masa lampau sudah menjadi kenangan yang tak bisa dihapus, namun masa depan kenangan yang akan tertulis."

wuhhhhh panjang juga itu yang cerita humm kalau di tulis pada MOW(Microsof Office Word) bisa jadi 2 paragraf itu. Kalau distatus Fb dikira curhat nanti sama temen-temen fb dan besoknya jadi pembahasan hangat antar teman. kalau di twitter mana cukup, karakter di tweet terbatas. BBM gak bisa kebaca kecuali yang punya HP android kan bisa keluar dan kebaca semua di berandanya. ahhhh capek juga yang cuma nulis gitu aja sudah buat tanganku keriting ini. Gitu mau buat status tiap hari disosmed dengan bercerita diatas. Dalam satu tahun bisa jadi novel itu hheheheheh. Sekian dulu pembahasan kata gampangan semoga next time kita bisa berdiskusi dengan kata-kata atau mungkin bisa sikap seseorang. see you next timee ^แตก^   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar